A.B.C.D: Metode Penulisan Tujuan Pembelajaran

Salah satu metode yang dapat berguna saat seorang guru menulis tujuan atau hasil pembelajaran yang hendak dicapai adalah metode A. B. C. D. Metode ini mempertimbangkan:

  • Audience: Siapa pembelajar Anda (siapa yang akan melakukan kinerja)? 
  • Behavior: Jelaskan tugas atau perilaku menggunakan kata kerja operasional -- pastikan itu adalah sesuatu yang dapat didengar atau sesuatu yang dapat diamati.
  • Condition: Dalam kondisi apa (alat, bantuan, atau bahan referensi apa yang dapat digunakan peserta didik? Apakah ada hal-hal yang tidak dapat mereka gunakan?)
  • Degree: Sejauh mana penguasaan -- seberapa baik hal itu harus dilakukan (kecepatan, akurasi, kualitas, dll.)?

Langkah-Langkah Menulis Tujuan Pembelajaran

Jika anda seorang guru dan ingin merumuskan tujuan pembelajaran di dalam dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka langkah-langkah yang bisa Anda tempuh adalah :
  1. Lakukan identifikasi terhadap kata benda, atau hal yang Anda ingin peserta didik pelajari. Contoh: rancangan produk kreatif.
  2. lakukan identifikasi terhadap tingkat pengetahuan yang Anda inginkan. Dalam Taksonomi Bloom, ada enam tingkatan pembelajaran. Penting untuk memilih tingkat pembelajaran yang sesuai, karena ini secara langsung mempengaruhi jenis penilaian yang Anda pilih untuk mengukur pembelajaran siswa Anda. Contoh: Menerapkan rancangan produk kreatif.
  3. Pilih kata kerja yang dapat diamati untuk menggambarkan perilaku pada tingkat pembelajaran yang sesuai menggunakan Taksonomi Bloom
  4. Tambahkan kriteria tambahan untuk menunjukkan bagaimana atau kapan hasilnya akan dapat diamati untuk menambahkan konteks bagi peserta didik. Contoh: Menerapkan rancangan produk krreatif berdasarkan kearifan lokal.
Tingkatan Kognitif dan Kata Kerja Operasional
Tingkatan Kognitif dan Kata Kerja Operasional

Contoh Penulisan Tujuan Pembelajaran

Di bawah ini adalah beberapa contoh tujuan yang mencakup Audience (A), Behavior (B), Condition (C), dan Degree (D). Perhatikan bahwa tujuan benar-benar mengutamakan kondisi.

  1. Peserta didik dapat menjelaskan tanggung jawab sosial untuk memastikan bahwa layanan hukum yang memadai diberikan kepada mereka yang tidak mampu membayarnya dalam tiga paragraf.
  2. Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah dalam merencanakan penyelidikan faktual dalam penelitian sosial, termasuk mengidentifikasi dan merumuskan teori-teori sosial yang relevan, menghasilkan alternatif solusi dan strategi, diterapkan pada sebuah hipotesis.

Contoh lainnya:

Tujuan Pembelajaran dengan Metode A.B.C.D
Rumus A.B.C.D untuk Tujuan Pembelajaran

Kata Kerja Operasional (KKO) Taksonomi Bloom edisi Revisi

Berikut ini daftar kata kerja operasional (KKO) dari Taksonomi Bloom (revisi) untuk ranah kognitif.

Kata Kerja Operasional Taksonomi Bloom
Kata Kerja Operasional Taksonom Bloom

Contoh penerapan dari metode A.B.C.D di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat dilihat disini.

Bagaimana Halnya Jika Tujuan Pembelajaran Terdiri dari Beberapa Item?

Masih ingat dengan penulisan tujuan pembelajaran di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) seperti berikut ini?

Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran, diharapkan peserta didik dapat:
  1. Menyusun rancangan produk ....
  2. Menjelaskan langkah-langkah mendesain produk .... berdasarkan keaslian gagasan yang jujur terhadap diri sendiri
  3. Mengidentifikasi jenis-jenis produk .... berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan
  4. Menyatakan pendapat tentang .... sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan serta kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

Kata-kata yang digaris-bawahi merupakan kata-kata kerja operasional dari Taksonomi Bloom yang dipilih berdasarkan 'bunyi' dari Kompetensi Dasar yang terkait. Petanyaannya sekarang, bagaimana kita mengadaptasinya ke metode A.B.C.D? Mungkin akan menjadi seperti berikut ini :

Melalui kegiatan diskusi kelompok dan tanya-jawab, peserta didik dapat:

  1. Menyusun rancangan produk ....
  2. Menjelaskan langkah-langkah mendesain produk .... berdasarkan keaslian gagasan yang jujur terhadap diri sendiri
  3. Mengidentifikasi jenis-jenis produk .... berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan
  4. Menyatakan pendapat tentang .... sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan serta kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
dengan tepat.

Catatan: sorotan warna pada kalimat-kalimat diatas menunjukkan poin C, A, B, dan D dalam metode A.B.C.D.

0 Tanggapan untuk "A.B.C.D: Metode Penulisan Tujuan Pembelajaran "

Posting Komentar

Silahkan ajukan pertanyaan, kritik, dan saran tentang materi ini melalui form komentar di bawah. Thanks sebelumnya atas tanggapan yang kamu berikan.